Senin, September 22, 2008

Cara Meningkatkan Kecepatan Windows XP

Terkadang kita merasa sebal karena Windows XP kita terasa lambat, padahal spesifikasi-nya sudah cukup bagus (Harddisk, RAM, Processor sudah lumayan bagus ..).

Nah, itu disebabkan beberapa hal yang mungkin terjadi, seperti jumlah “file sampah” dalam computer kita yang terlalu banyak, atau karena kita lebih mementingkan penampilan luar (appearance) daripada performa computer itu sendiri.

Berikut ini mungkin beberapa tips/cara yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan kecepatan Windows XP :

  1. Matikan / Non-aktifkan / kurangi semua fitur grafis dan efek

Klik kanan di icon My Computer-Properties-Advanced-ada 3 menu setting, pilih Setting Performance, matikan semua fitur yang kira-kira tidak perlu dengan menghilangkan tanda centangnya, atau bisa dengan memilih “adjust for best performance” untuk me-non-aktifkan semuanya.

  1. Hapus isi file dalam “prefetch”

Prefetch merupakan salinan file atas aktifitas yang kita lakukan dalam computer, seperti misalnya, apapun yang kita lakukan di computer (seperti membuka Ms.Word, edit gambar di Photoshop, ataupun membuka program2 lainnya) maka hal tersebut akan tercatat dalam file “prefetch”, file inilah yang jika sudah terlalu banyak akan memperlambat akese computer kita.

Klik kanan menu start-explore-Local Disk (C:)- Windows-Prefetch, hapus seluruh file yang ada di folder prefetch tersebut. Atau cara yang lebih singkat, klik Start menu-Run-kemudian ketik prefetch-klik OK- hapus semua file didalamnya.

Hal ini dapat dilakukan setiap kali isi folder prefetch sudah banyak.

  1. Percepat start-up menu

Klik Start menu-Run-ketik regedit-klik OK-masuk Registry Editor-klik HKEY_CURRENT_USER-Control Panel-Desktop- pada jendela kanan double klik MenuShowDelay-ganti Value data yang defaultnya 400 menjadi 0 (nol)-klik OK-tutup Registry Editor

  1. Non-aktifkan start-up program yang tidak perlu

Klik Start menu-Run-ketik msconfig-klik OK- masuk System Configuration Utility-klik startup; kemudian hilangkan centang pada list/daftar program yang dianggap tidak perlu, kemudian restart computer.


Nha, itu tadi, beebrapa tips buat komputer kalian biar "speed"nya bisa ditingkatkan, silahkan coba ya..

4 komentar:

biltzkrieght mengatakan...

Jangan lupa rutin di defrag...^_^

harvest mengatakan...

@biltzkrieght : oh iya, yup, jangan lupa rutin di defrag, itu juga tuh..
hehe..

azzam mengatakan...

nice blog.......

ko byk yg blg "pak", "mas",ya .... pdhl kn yg pnya blog nii cwe. :-)

harvest mengatakan...

@azzam: makasih, cuma jarang update lagi niy...
iya, banyak yg bilang mas, pak, padahal yang punya perempuan..:)

Posting Komentar

Ngisi comment-nya ya...
untuk sekedar tanya-tanya atau sharing...
makasih ^_^